Tips Memilih Harga Genset Murah

Tips Memilih Harga Genset Murah – ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang cara membeli genset berkualitas, yang mana harga genset cukup menjadi pertimbangan terutama jika badget yang kita sediakan itu pas-pasan, setidaknya kita ingin memaksimalkan uang yang kita sediakan tersebut untuk mendapatkan genset yang pas dengan harganya atau dengan istilah lain membeli genset dengan harga semurah murahnya dengan kualitas genset yang sebaik baiknya, berikut Tips Memilih Harga Genset:

Tips Memilih Harga Genset Murah

1. Tentukan jenis bahan bakar genset 

Apakah menggunakan bahan bakar solar bensin, atau gas atau jenis bahan bakar terbaru dari urine, akan tetapi untuk yang terakhir ini sepertinya belum diproduksi secara massal. Mengapa bahan bakar genset menjadi pertimbangan? karena genset dengan bahan bakar gas lebih mahal dari genset solar, demikian pula dengan bahan bakar jenis lainnya memiliki perbedaan perbedaan harga. Selain itu ditinjau dari kemudahan dalam mendapatkan bahan bakar tersebut, karena semakin langka bahan bakar genset pada tempat anda maka semakin banyak pula uang yang harus dikeluarkan untuk membelinya, “kemudahan memperoleh” juga mencakup kecepatan dalam memperoleh bahan bakar genset tersebut, terlebih lagi pada kondisi darurat yang membutuhkan tenaga genset secara cepat dan bahan bakar habis, sehingga saya sarankan agar anda memiliki persediaan bahan bakar yang cukup yang dapat digunakan untuk keperluan mendadak.

Genset juga dibagi ke dalam 2 jenis, antara lain

1.Cara Penyalaan, Ada yang menggunakan starter seperti menghidupkan motor, ada pula yang menggunakan recoil yang penyalaannya mesti diengkol/ditarik menggunakan tuas. Genset dengan starter hanya tersedia untuk berdaya di atas 4000 watt.

2.Bahan bakar, Ada yang menggunakan bensin dan ada pula yang solar. Genset berbahan bakar solar juga hanya tersedia pada peralatan berkapasitas besar (4000 watt ke atas).
Mungkin anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu cara kerja genset berdasarkan jenisnya

2. Tentukan kebutuhan daya genset

Semakin besar daya listrik yang dihasilkan sebuah genset maka semakin mahal pula harga genset tersebut. Daya terkecil genset yang tersedia rata-rata adalah 500 watt sedangkan yang lainnya 1000/1200 watt. Jadi sebaiknya anda menghitung terlebih dahulu berapa besar daya yang diperlukan rumah atau tempat anda bekerja pada saat keadaan darurat itu datang. Berikut ini tips mengetahui daya genset yang tepat:

Hitunglah kebutuhan listrik yang akan di pergunakan, Misalnya :8 buah lampu 60 watt, AC 2 PK, TV, Radio, Kulkas. Untuk memudahkan penjumlahan, semuanya di konversi ke dalam satuan yang sama. Kita juga bisa menentukan jumlah daya yang akan digunakan dengan melihat kapasitas daya listrik yang terpasang di rumah. Anda juga dapat berkonsultasi dengan tukang listrik profesional untuk menentukan nilai watt yang Anda butuhkan. Sementara menghitung seperti itu, seseorang harus mengingat fluktuasi listrik dari peralatan rumah tangga yang relatif lebih besar juga.

Sebagai informasi tambahan untuk Anda, banyak orang yang salah mengartikan satuan KVA (kilo volt ampere), karena yang tepat 1 KVA = 0,8 KW atau 800 watt (banyak orang yang menyangka 1 KVA = 1000 watt). Maka jika kebutuhan daya listrik Anda 4.400 watt maka sebaiknya carilah genset dengan besaran daya 5,5 KVA

3. Hanya membeli perangkat tambahan yang benar-benar dibutuhkan

Jika gensetnya sudah tersedia, maka untuk memfungsikan genset tenaga sekunder butuh sedikit instalasi pada sistem listriknya, perangkat yang di pasang di sini adalah switcher untuk mengaktifkan kapan daya listrik di pergunakan dan kapan dayanya menggunakan genset. Ada juga perangkat tambahan seperti alarm yang gunanya untuk memberitahukan kalau listrik sudah menyala kembali. Sebagai tambahan sebenarnya ada alat otomatis untuk melakukan fungsi ini tapi harganya agak mahal.

4. Pilih toko genset yang memberikan pelayanan terbaik dan garansi yang jelas

Agar ketika ada masalah pada genset yang bukan termasuk kesalahan kita, yakni kerusakan ada pada produk tersebut dari awal, maka kita bisa meminta perbaikan bahkan penggantian genset secara cuma-cuma, kalaupun ada tambahan maka tambahan tersebut tidak terlalu banyak.

Mungkin ini saja cara memilih dan menentukan harga genset, semoga bisa menjadi solusi cerdas memilih genset yang berkualitas dan bisa lebih bijaksana dalam memilih, terima telah bersedia membaca artikel ini.

0 Response to "Tips Memilih Harga Genset Murah"

Poskan Komentar