[TERBARU] 7 Macam Jenis - Jenis Mesin Genset

Mesin Genset memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan perkembangan jaman yang terkadang semakin unik, murah dan mudah didapat. Jenis mesin genset satu sama lainnya memiliki kemiripan tapi tujuan masing-masing mesin genset berbeda-beda karena dirancang untuk sebuah fungsi khusus, oleh sebab itu kita perlu tahu perbedaaan dan kegunaan dari masing-masing genset.

JENIS-JENIS MESIN GENSET

1. Mesin Gas

Sesuai namanya, mesin gas menggunakan bahan bakar gas sebagai sumber daya konsumsinya. Gas yang digunakan merupakan hasil olahan dari gas bumi. Baik yang diolah menjadi LPG / Liquid Petroleum Gas, maupun CNG / Compressed Natural Gas. Genset dengan mesin gas sudah banyak diaplikasikan baik sebagai genset rumah tangga yang menggunakan bahan bakar LPG sehingga mudah didapat. Maupun genset untuk industri yang menggunakan CNG. Untuk bisa mendapatkan fasilitas CNG, pengguna harus membangun sebuah infrastruktur pipa gas yang mendistribusikan gas tersebut sebagai sumber bahan bakarnya. Investasinya tidak murah. Namun untuk pemakaian jangka panjang diatas 10 tahun, alternatif ini perlu dipertimbangkan.

2. Mesin Diesel

Mesin diesel sebagai mesin pembangkit listrik sangat umum dijumpai dimana mana. Aplikasi mesin diesel yang digunakan sebagai mesin genset memiliki rentang daya yang luas. Mulai dari kapasitas output 5Kw / 5000 Watt hingga 2MW / 2,000,000 Watt ! Mesin diesel yang digunakan sebagai mesin pembangkit semacam ini memilik beragam spesifikasi teknis dan pengembangan. Jumlah silindernya mulai dari 2 silinder hingga 16silinder! Baik memiliki konfigurasi segaris, boxer maupun V-Type.

3. Mesin Bensin

Umumnya Genset yang menggunakan mesin bensin memiliki kapasitas daya yang rendah. Dan biasanya dibatasi menghasilkan daya maksimal hingga 10Kw / 10,000Watt. Biasanya menggunakan mesin 1 silinder segaris dengan 1 busi dan memilik bentuk yang portable sehingga bisa dibawa kemana mana.

4. Generator Solar

umumnya digunakan sebagai back up listrik di tempat-tempat komersial. Mirip dengan genset rumah tetapi tipe mesin genset ini membutuhkan energi lebih dari peralatan rumah standar. Generator solar biasanya ditemukan di atas rumah ditempatkan dengan solar panel. Genset ini biasanya digunakan untuk mengoperasikan peralatan dengan peringkat daya tinggi seperti pemanas air dan sistem AC. 

5. Generator portabel

Jenis ini termasuk mesin genset yang populer di antara jenis outdoor. Genset ini juga sangat ideal untuk berkemah karena portabilitas dan tenang operasi render sempurna untuk digunakan dalam perkemahan. Hal ini juga cukup kecil untuk muat kendaraan besar, terutama pick up dan kendaraan rekreasi, yang merupakan transportasi pilihan untuk berkemah.

6. Mesin Turbin

Genset yang menggunakan mesin turbin sudah bisa dikategorikan sebagai power generator. Umumnya memiliki kapasitas diatas 2MW / 2,000,000Watt. Sebuah Genset bermesin turbin sanggup menerangi sebuah kota kecil. Untuk menghidupi sebuah metropolitan diperlukan gabungan beberapa turbin. Sebuah turbin dibangun dengan perhitungan yang cermat serta disesuaikan dengan kondisi dan keadaan sekitarnya. Untuk itu kita sering mendengar tentang turbin air, turbin angin, turbin uap dan lain lain. Turbin angin, tentunya menggunakan tenaga angin untuk memutar mesin. Hasil putarannya disalurkan ke sebuah turbin yang memutar generator untuk menghasilkan listrik. Turbin air memanfaatkan arus air yang deras untuk memutar sebuah turbin yang menghasilkan putaran untuk generator sehingga menghasilkan listrik. Begitu juga dengan turbin turbin lainnya.

7. Genset Bertenaga Urine

Sebuah penemuan baru 4 Pelajar Afrika yaitu Duro-Aina Adebola (14thn), Akindele Abiola (14thn), Faleke Oluwatoyin (14thn) dan Bello Eniola (15thn). Dalam uji coba yang mereka lakukan 1 liter urine mampu menyalakan genset untuk mengalirkan listrik selama 6 jam. Jadi rumus bakunya 1 liter Urine = 6 jam Listrik.. Mengenai cara kerjanya bisa anda baca nanti di cara kerja generator set

0 Response to "[TERBARU] 7 Macam Jenis - Jenis Mesin Genset"

Posting Komentar