Definisi Genset, Fungsi dan Kegunaan Mesin Genset

Pengertian genset

Apa arti genset?- Genset merupakan singkatan dari Generator set, secara harfiah generator arti pembangkit sedangkan set artinya satu paket. 

Genset adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghasilkan daya listrik. Disebut sebagai generator “set” dikarenakan ia adalah satu set peralatan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu mesin dan generator atau alternator. Mesin (Engine) sebagai perangkat pemutar sedangkan generator atau alternator sebagai perangkat pembangkit listrik.

Engine dapat berupa perangkat mesin diesel berbahan bakar solar, mesin berbahan bakar bensin, mesin gas, maupun mesin turbin ada bermacam macam mesin sesuai dengan kebutuhan -tentang jenis-jenis mesinnya bisa anda baca pada link tersebut- sedangkan generator atau alternator merupakan kumparan atau gulungan tembaga yang terdiri dari stator (kumparan statis) dan rotor (kumparan berputar).

Pada hakikatnya, sebuah mesin digunakan untuk memutar sebuah generator pembangkit yang terbuat dari sekumpulan kawat tembaga. Hasil putaran tersebut menghasilkan medan magnet yang apabila diputar terus menerus dalam suatu kecepatan yang konstan dan berkelanjutan akan menghasilkan arus listrik.

Dalam ilmu fisikia yang sederhana dapat dijelaskan bahwa engine memutar rotor pada generator sehingga timbul medan magnit pada kumparan stator generator, medan magnit yang timbul pada stator dan berinteraksi dengan rotor yang berputar akan menghasilkan arus listrik sesuai hukum Lorentz

Dalam bahasa teknis, sebuah genset adalah sebuah mesin modern yang mengkonversi energi mekanikal menjadi energi elektrikal dengan memanfaatan induksi medan magnet elektrik.

Defini lainnya genset adalah suata rangkaian yang terdiri dari rangkaain elektrik dan elektronik,yang di hubungkan dengan mesin penggerak yang dapat berupa motor bakar, turbin air, turbin uap, kincir angin, kincir air, dan lain sebagainya untuk menghasilkan putaran tertentu sehingga menghasilkan suatu tegangan listrik. Untuk mendapat gambaran yang lebih lengkap anda bisa membaca cara kerja genset.


Manfaat dan Kegunaan Genset

Dengan adanya perkembangan dan kemajuan industri dimana-mana, ketersedian listrik semakin menipis oleh sebab itu pemerintah cukup gencar mencanangkan penghematan listrik dan juga dilakukan penggiliran pemadaman listrik di beberapa daerah dalam rangka menghemat listrik. Pada jaman sekarang sumber energi listrik bisa dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu bisa diperbarui dan tak bisa diperbarui. Contoh Energi listrik yang bisa diperbarui disini adalah tenaga surya, gelombang laut, angin yang saat ini masih sangat terbatas sekali pemanfaatannya di Indonesia. Sedangkan energi listrik yang tidak bisa diperbarui adalah pembangkit listrik tenaga gas, energi listrik tenaga nuklir, energi listrik tenaga air dan lain sebagainya. Dari kelangkaan ini diharapkan bagi manusia untuk selalu bisa memanfaatkannya secara hemat dan seperlunya saja, sebab dikhawatirkan energi ini semakin lama akan semakin berkurang, dan tidak menutup kemungkin pula bisa musnah.

Berhubung negara ini sering terjadi pemadaman listrik secara mendadak, tanpa pemberitahuan (sudah tradisi), banyak pengusaha menggunakan alternative lain yang bisa mengurangi resiko terancamnya usaha mereka. Tentu saja segala aktivitas yang berhubungan dengan listrik akan mempengaruhi kinerja dan pendapatan mereka dalam hitungan hari, bahkan dalam hitungan jam.Penggunaan mesin Generator genset menjadi salah satu factor dominan yang sangat dicari sebagai solusi dari pemadaman listrik di tanah air.

Genset juga sangat terasa manfaatnya di daerah daerah terpencil, karena di Indonesia ini tetap saja masih ada kawasan yang belum terjangkau oleh listrik, selain itu generator set ini juga bisa digunakan ketika di adakan acara acara hajatan, pentas atau semisalnya yang membutuhkan pasokan listrik yang cukup besar.

Ditambah lagi jika sering terjadi bencana alam semisal banjir, puting beliung dan lain-lain yang biasa di alami negeri Indonesia ini, yang kesemua itu menyebabkan rusaknya instalasi listrik, dan tentu butuh waktu cukup lama untuk dapat diperbaiki kembali. Maka Genset pada saat itu cukup menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

0 Response to "Definisi Genset, Fungsi dan Kegunaan Mesin Genset"

Posting Komentar