Tips Memilih Genset dan Membeli Genset (Generator set))

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita sangat membutuhkan kinerja dari sebuah mesin genset apalagi di jaman sekarang yang semua kegiatan tidak bisa lepas dari peran listrik anda bisa bayangkan jika tiba- tiba terjadi pemadaman lampu dan semua aktivitas kita berhenti bisa berakibat fatal jika terjadi di rumah sakit atau di gedung perkantoran yang dimana perputaran uang dilakukan dalam hitungan menit.

Jika anda ingin membeli genset atau menyewa genset ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Berikut ini tips dari kami untuk menjadi pertimbangan dalam memilih Genset yang baik:

Hitunglah kebutuhan listrik yang akan di pergunakan, salah satu cara menentukannya adalah dengan melihat kapasitas daya listrik yang terpasang di rumah.
Menentukan berapa besar daya dan harga sewa atau beli genset yang di butuhkan.

Contoh: Untuk keperluan genset 7000 watt , kami sarankan untuk memilih genset dengan kapasitas 10.000 watt ( 10 KVA ) dengan asumsi 80% x 10.000 = 8.000 watt , bila mana ada penambahan barang electronik di masa yang akan datang , Anda tidak perlu lagi membeli genset

Pilihan genset yang sesuai dengan budget

Tentukan Type genset yang diinginkan . Genset meliki 2 type yakni Silent dan Open . Type Open ( Genset terbuka ) tidak memiliki silent box , sehingga suara bising terdengar jelas cocok di gunakan untuk pertambangan , pabrik . Type silent ( Genset Tertutup ) genset ini di lengkapi dengan silent box yang di lengkapi soundproofing ( peredam suara ) sehingga tidak berisik cocok di gunakan untuk bangunan kantor , rumah , sekolah.

Jika gensetnya sudah tersedia, maka untuk memfungsikan genset tenaga sekunder butuh sedikit instalasi pada sistem listriknya, perangkat yang di pasang di sini adalah switcher untuk mengaktifkan kapan daya listrik di pergunakan dan kapan dayanya menggunakan genset. Ada juga perangkat tambahan seperti alarm yang gunanya untuk memberitahukan kalau listrik sudah menyala kembali.

Carilah genset yang menggunakan bahan bakar yang mudah di dapatkan di sekitar rumah

Kalo bisa pilih genset yang “soundproff” biar suaranya tidak menganggu.

Letakkan genset di tempat yang aman disarankan genset jangan di pasang di dalam gedung , rumah , kantor dan lain lain . letakan genset di luar gedung . biasanya di buatkan khusus untuk ruang genset yang lengkap dengan ducting pembuangan udara dari pembakaran bahan bakar

Agar tidak repot kalau mati lampu , gunakan panel Genset otomatis digunakan untuk mentransfer listrik secara otomatis melalui switch yang tersedia dipanel. Panel AMF untuk menghidupkan secara otomatis ketika listrik padam sedangkan ATS secara automatis membuka suppy listrik dari genset dan menutup aliran listrik dari PLN ( dan sebaliknya )

1 Response to "Tips Memilih Genset dan Membeli Genset (Generator set))"

  1. Kebetulan anak buah saya bolak balik ke service genset karena kami memiliki 4 genset dan semuanya rusak, genset tesebut di gunakan di tambang batu galena, dimana penggunaannya full 23jam nonstop.

    Menurut Bapak, merk apa yang bagus dan bandel dengan daya 5000W - 7000W?

    Belinya dimana?kalo boleh tolong jawaban tsb di email ke baranang.siang@yahoo.com

    Terima kasih


    BalasHapus