SISTEM CARA KERJA MESIN DIESEL

Advertisement
Jika anda telah mengetahui jenis-jenis genset dan cara kerja genset, sekarang akan dibahas cara kerja mesin diesel. Di beberapa kendaraan yang ada di dunia ini menggunakan mesin diesel. Kendaraan-kendaraan yang menggunakan mesin diesel biasanya adalah kendaraan yang memerlukan tenaga yang besar seperti; kereta api, truk, bus, kapal laut, mobil penumpang, excavator, buldozer, dan masih banyak lagi.

Mesin/motor diesel (diesel engine) merupakan salah satu bentuk motor pembakaran dalam (internal combustion engine) di samping motor bensin dan turbin gas. Motor diesel disebut dengan motor penyalaan kompresi (compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya diakibatkan oleh suhu kompresi udara dalam ruang bakar.

Cara kerja mesin diesel menggunakan prinsip: merubah energi kimia yang di dapatkan melalui proses pembakaran dari bahan bakar (solar) dan oksidiser (udara) di dalam silinder (ruang bakar) menjadi energi mekanis. Pada mesin diesel, terdapat ruangan yang dirancang khusus agar di ruangan itu dapat terjadi peningkatan suhu hingga mencapai titik nyala yang sanggup membakar bahan bakar. Ruangan ini “dimampatkan” sehingga memiliki tekanan dan suhu yang cukup tinggi.

Cara kerja mesin diesel bila ingin dijabarkan secara sederhana adalah sebagai berikut; bahan bakar (solar) yang sudah dicampur udara disemprotkan ke dalam ruang bakar (ruangan yang sudah “dimampatkan”). Suhu tinggi tersebut akan membakar solar (bahan bakar) sehingga mengakibatkan terjadinya penyalaan dalam ruang bakar dan menghasilkan ledakan yang mendorong piston dan akan menggerakkan poros-poros roda pada kendaraan ataupun mesin lainnya. Kejadian ini berulang-ulang dan tenaga yang muncul itu dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil, generator listrik, dan sebagainya.

Cara pembakaran dan pengatomisasian (atomizing) bahan bakar pada motor diesel tidak sama dengan motor bensin. Pada motor bensin campuran bahan bakar dan udara melelui karburator dimasukkan ke dalam silinder dan dibakar oleh nyala listrik dari busi. Pada motor diesel yang diisap oleh torak dan dimasukkan ke dalam ruang bakar hanya udara, yang selanjutnya udara tersebut dikompresikan sampai mencapai suhu dan tekanan yang tinggi.

Meskipun untuk motor diesel tidak diperlukan sistem pengapian seperti halnya pada motor bensin, namun dalam motor diesel diperlukan sistem injeksi bahan bakar yang berupa pompa injeksi (injection pump) dan pengabut (injector) serta perlengkapan bantu lain. Bahan bakar yang disemprotkan harus mempunyai sifat dapat terbakar sendiri (self ignition).

Di Eropa, mobil diesel sangat populer. Di Eropa, mesin diesel dipakai pada mobil penumpang, truk, bus, bahkan mobil sedan sekalipun. Adapun di Indonesia hal ini bisa dikatakan masih jarang di manfaatkan.

Terima Kasih Mungkin cukup itu tentang

cara kerja mesin diesel


Tolong Share ya ^^
thumbnail
Judul: SISTEM CARA KERJA MESIN DIESEL
Artikel di Publish
Febriyan Cahya Yudha Lintas Resep at : 10.51
 
SISTEM CARA KERJA MESIN DIESEL