Tips Memilih dan Membeli Genset Berkualitas


Tips membeli genset atau cara memilih genset yang bagus- Saat ini genset merupakan solusi untuk mengatasi masalah kebutuhan listrik terutama untuk daerah yang sering terjadi pemadaman listrik baik tiba-tiba maupun bergilir seperti dinegara kita, Indonesia. 

Seringkalinya banyak orang kesulitan untuk memilih genset dikarenakan banyaknya pilihan jenis-jenis genset, type, model, bentuk dan ukuran atau feature yang disediakan pada sebuah toko apalagi beberapa toko tentu menentukan keputusan dalam memilih genset semakin sulit.

Apalagi membeli genset ini bukan seperti membeli kacang, namun dituntut untuk setidaknya paham betul fungsi dan kegunaannya, jangan sampai kita membeli genset tersebut tidak ada gunanya, karena salah pilih. Disini kami akan mencoba memberikan beberapa cara memilih genset berkualitas yang semoga dapat sedikit membantu anda menentukan pilihan:

Yang pertama adalah utamakan kebutuhan cobalah untuk memilih genset dengan model, bentuk, ukuran, kualitas dan feature yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan mudah terbujuk dengan harga genset yang murah yang di tawarkan. Sekali lagi, kelengkapan lain tergantung dari kebutuhan, misalkan, kebutuhan akan peredam suara dan lain sebagainya karena hal ini akan menambah biaya yang harus dikeluarkan

Yang kedua adalah tentukan badget atau batasan jumlah nominal uang yang anda sediakan untuk membeli genset ini. Dengan menentukan budget anda akan dapat lebih mudah dalam memilih dan menentukan genset yang ingin di beli. Selain itu anda dapat lebih fokus dalam proses penyeleksian dan pemilihan barang yang akan dibeli.

Yang ketiga adalah mencari informasi lengkap tentang produk yang akan anda pilih sebagai bahan pertimbangan. Caranya datang ke Workshop / warehouse untuk melihat genset yang hendak dibeli. Ini untuk mengantisipasi terjadinya kekeliruan dalam hal spesifikasi yang anda butuhkan, dan spesifikasi yang ditawarkan penjual. Semakin banyak anda mendapatkan informasi, maka resiko tersebut akan semakin kecil. anda telah berusaha untuk mendapatkan barang dengan produk yang berkualitas serta meminimalkan ketidakpuasan anda terhadap suatu produk yang telah anda beli.

Dengan kata lain pilihlah genset yang TIDAK membohongi konsumen. Artinya: Spesifikasi yang dicantumkan sesuai dengan kenyataan, kemudian harga yang harus dibayarkan sesuai dengan kemampuan genset. Dikarenakan zaman sekarang agak sulit membeli genset yang sesuai antara data spesifikasi dengan fakta (test), apalagi dengan kapasitas kecil, kita sebagai konsumen tidak ada kesempatan untuk melakukan uji coba beban (dummy load).

Mungkin jika kita berkeinginan membeli Genset dengan kapasitas 150 KVA atau lebih, kita baru bisa meminta dilakukan Dummy Load, dengan garansi, apabila ternyata tidak sesuai dengan Label, Spesifikasi, kita boleh batal membeli.

Pada pengetesan beban (dummy load), akan dilakukan pengujian secara bertahap dengan cara diberi beban mulai dari 25% selama 1-2 jam, ditingkatkan 50%, 75 % dan terakhir 100% sambil dimonitor dan record keadaan secara keseluruhan (engine dan generator).

Saat diberi beban, engine akan mengatur sendiri bukaan throtel nya untuk mempertahankan rpm/putaran dan frequency agar tidak drop (governor) dan pada generatornya dilengkapi AVR agar tegangan tidak drop terlalu jauh. Dan dalam kenyataannya jarang ada Genset yang mampu ditest 100% load untuk beberapa saat, kalau mampu sampai 80% saja sudah lumayan.

Untuk lebih lanjutnya anda bisa membaca tips memilih harga genset murah.

ya, mungkin itu tentang 

cara memilih genset

 semoga bisa sedikit membantu. Terima kasih

0 Response to "Tips Memilih dan Membeli Genset Berkualitas"

Poskan Komentar