Tips Memilih Penempatan Mesin Genset

Penempatan genset atau pemilihan lokasi peletakan mesin genset (generator set) merupakan perkara yang perlu anda perhatikan setelah anda membeli genset, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi lingkungan, dan mencegah dari hal-hal yang dapat membahayakan atau mengganggu hak orang lain.

Berikut ini beberapa tips memilih tempat yang baik untuk genset:

1. Menempatkan genset diluar ruangan yang aman agar tidak di curi orang dan jauh dari jangkauan anak-anak agar tidak membahayakan mereka

2. Genset diletakkan pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena genset yang dioperasikan dapat menghasilkan karbonmonoksida yang mengkontaminasi udara dimana genset tersebut dioperasikan, sehingga perlu dipastikan bahwa aliran udara tidak mengarah ke dalam ruangan disekitar penempatan genset

3. Carilah posisi  yang ideal untuk meletakan genset jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik, atau banjir dan semisalnya.

4. Penempatan genset diluar ruangan dengan tetap memperhatikan perlindungan genset dari cuaca diluar seperti hujan dan panas.

5. Anda juga bisa membuatkan tempat atau ruangan khusus untuk  genset yang cukup luas untuk mencegah keracunan karbon monoksida dan meredam suaranya serta untuk memperoleh manfaat-manfaat lain sebagaimana disebutkan di atas.

6. Jika Anda memiliki rumah yang cukup jauh dari tetangga kemungkinan suara tidak terlalu menjadi masalah tapi jika Anda tinggal di kota ada orang lain yang perlu dipertimbangkan serta kenyamanan Anda sendiri. Kalau bisa pilih genset yang “soundproff” biar suaranya tidak menganggu tetangga di sekitar tempat genset tersebut. Beberapa produsen genset sudah menyediakan tipe yang soundproff. Namun biasanya ukurannya cukup besar, dan kita memerlukan ruangan yang lebih besar juga untuk menyimpannya.

Genset type terbuka memiliki tingkat kebisingan yang lebih tinggi dibandingkan genset type silent. Genset type terbuka memiliki kebisingan sekitar 70 db sampai dengan 75 db, sedangkan untuk type silent dapat menurunkan kebisingan yang cukup signifikan. Jarak idela genset terbuka dan ruang aktivitas anda sekitar 5 sampai dengan 7 meter , sedangkan jarak ideal genset silent bisa mencapai 3 meter tanpa mengganggu aktivitas ruang anda.

7. Jika anda menggunakan genset untuk mengangkat atau menyedot air didalam tanah, maka pilih tempat yang merupakan jalan aliran air, yang arus aliran airnya tinggi atau airnya dangkal agar ketika musim kemarau masih mudah untuk disedot.

8. Perhatikan juga masalah perawatan genset untuk menjaga performa mesin genset, untuk menghindari kebisingan maupun kecelakaan akibat adanya kerusakan pada genset.

0 Response to "Tips Memilih Penempatan Mesin Genset"

Poskan Komentar