Pengertian Genset Mesin Generator Set

Apa itu Genset Diesel ?


Genset adalah sebuah penggerak mengkonversi energi mekanik menjadi energi listrik. Kebanyakan mengkonversi bahan bakar menjadi listrik melalui cara mekanis maka mereka sering digunakan oleh rumah sakit dan industri lainnya yang membutuhkan sumber daya yang mantap.

Genset (generator set) diesel menghasilkan tenaga listrik dengan menggunakan alternator dan mesin diesel. Mesin ini menggunakan bahan bakar solar untuk beroperasi. Kekuatan mesin (disajikan sebagai RPM) ditransformasikan oleh alternator menjadi arus listrik yang dapat digunakan. Arus ini kemudian didistribusikan ke bangunan yang terhubung ke jaringan. Ini dapat termasuk rumah, bangunan komersial dan lokasi konstruksi. Karena akses ke tegangan sangat penting untuk rumah dan bisnis, generator diesel sering diandalkan untuk memberikan sumber yang dapat dipercaya kekuasaan. Di bawah ini, kami akan menjelaskan keadaan dimana generator ini digunakan dan beberapa keuntungan dari penggelaran mereka.

Generator diesel yang umum digunakan saat bekerja, rumah, atau bangunan tidak memiliki akses dengan sumber listrik. Misalnya, lokasi konstruksi kadang-kadang terletak di daerah di mana akses ke jaringan listrik tidak mungkin. Demikian pula, kapal transportasi memerlukan sumber energi diandalkan untuk navigasi dan sistem propulsi. Sebuah generator diesel dapat digunakan untuk menghasilkan tegangan yang diperlukan.

Di sisi lain, generator diesel juga digunakan untuk tujuan yang sama sebagai uninterruptible power supply (UPS). Artinya, jika jaringan listrik mengalami outage, generator dapat memberikan redundansi. Ini redundansi daya dapat menjadi kritis. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan operasi mereka, rumah sakit untuk mempertahankan penggunaan instrumen mereka dan bandara untuk menjaga integritas sistem. Setiap organisasi yang mengontrol aplikasi misi kritis bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki sebuah generator tersedia sebagai sumber daya yang handal.

Keuntungan Dari Menggunakan Generator Diesel


Generator diesel dirancang untuk digunakan terus-menerus. Mereka memiliki komponen yang bergerak lebih sedikit daripada jenis lain dari generator. Akibatnya, mereka membutuhkan sedikit pemeliharaan dan perbaikan. Kedua, generator diesel dapat menghasilkan aliran kontinu tegangan tanpa paku dan sag listrik yang kadang-kadang mengalami. Lonjakan arus listrik dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa perangkat elektronik. Sebuah generator membantu mengatur fluktuasi. Lalu, generator diesel mudah untuk mempertahankan karena tidak memiliki bagian kegagalan rawan seperti sistem pengapian. Jadi, selama Anda melakukan perawatan rutin (seperti mengganti oli secara berkala), generator harus berfungsi tanpa masalah.

Menghindari Kerusakan Potensi

Salah satu penyebab paling umum dari kerusakan generator diesel adalah ketika mereka dibawah nilai beban. Artinya, generator diesel berfungsi paling efektif ketika mereka sedang beroperasi pada kapasitas tinggi. Kapan mereka digunakan untuk tugas-tugas kapasitas rendah (seperti powering 10% dari beban tegangan), mereka dapat mulai membangun karbon dan kaca internal. Akhirnya, jelaga dan residu dari bahan bakar yang tidak terpakai dapat menumpuk dan menyumbat ring piston generator.

Semakin lama ini terjadi, maka akan mengakibatkan degradasi pada sistem generator diesel. Untuk menghindari hal ini, Anda harus menggunakan generator pada level pemakaian sekitar 70% dari beban maksimum. Salah satu strategi efektif untuk mencapai ini adalah dengan menggunakan UPS untuk jangka pendek darurat. Lalu, memiliki generator diesel untuk pemadaman listrik jangka panjang. Meskipun harga genset (generator) cenderung mahal, namun nilainya sebagai aset sumber listrik cadangan yang dapat diandalkan menjadikannya investasi yang sangat berharga.